Tuesday, September 9, 2008

Pemrograman GUI pada Java Bagian 1 - Mengenal Top Level Container pada Swing

Program yang dibuat sebelumnya merupakan contoh dari pemrograman pada level konsol. Untuk selanjutnya pemrograman pada level konsol tidak dibahas di sini.

Terdapat dua macam tampilan (User Interface) pada Java, yaitu Character User Interface (CUI) dan Graphical User Interface (GUI).

Pada CUI, seorang user berinteraksi dengan sistem menggunakan command. Seorang user harus mengingat semua perintah yang digunakan untuk berinteraksi dengan sistem. Contoh sistem operasi dengan CUI adalah MS-DOS. Sedangkan pada GUI, disebut juga “picture-oriented” seorang user berinteraksi dengan sistem menggunakan “gambar visual” tanpa harus menghafal setiap perintah yang digunakan. Perintah-perintah yang digunakan untuk berinteraksi dengan sistem dapat dijalankan dengan mengklik mouse. Contoh sistem operasi dengan GUI adalah Microsoft Windows.

Saat ini hampir semua sistem operasi menggunakan GUI. Suatu aplikasi menggunakan elemen-elemen GUI untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

Untuk menangani pemrograman window pada Java dapat digunakan dua cara, yaitu dengan Abstract Window Toolkit (AWT) dan dengan Java Foundation Classes (JFC) atau disebut Swing.
Pada Java 1.0, seorang programmer menangani pemrograman window menggunakan AWT. Tampilan window pada komponen AWT berbeda untuk masing-masing plattfom atau sistem operasi. Karena setiap sistem operasi menggunakan sistem window yang berbeda. Misalnya komponen AWT yang dijalankan di lingkungan Microsoft Windows akan tampak berbeda apabila dijalankan di lingkungan Macintosh atau Linux. Komponen AWT ini terdapat pada paket java.awt.

Untuk mengatasi perbedaan tampilan (look and feel) pada masing-masing plattfom, maka diperkenalkanlah Java Foundation Classes (JFC) yang pertama kali dikeluarkan pada tahun 1997. Untuk selanjutnya JFC ini disebut dengan komponen Swing. Dengan komponen swing, maka tampilan aplikasi menjadi sama pada masing-masing plattfom (Plattform Independent). Komponen swing ini terdapat pada paket javax.swing yang dapat digunakan mulai java 1.2.

Contoh komponen GUI pada swing adalah seperti berikut:



Masih ada beberapa komponen lain selain yang terdapat pada gambar tersebut yang akan dibahas kemudian. Untuk dapat menggunakan komponen tersebut diperlukan suatu kontainer. Kontainer adalah komponen yang dapat ditempati komponen lain. Pada swing terdapat 4 jenis Top Level Container, yaitu: JFrame, JDialog, JWindow dan JApplet. Top Level Container adalah suatu kontainer yang dapat berdiri sendiri.